» » RESPON ARAHAN KPU RI, KPU CIANJUR TANAM 50.964 BIBIT POHON

 

RISDEM, Cianjur – Acara pelantikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Cianjur berjalan sukses (25/1/2024). Hal ini ditandai dengan terisinya seluruh kebutuhan KPPS di wilayah Kabupaten Cianjur sebanyak 50.964 KPPS, jumlah tersebut didapat dari kebutuhan 7 KPPS di tiap TPS dikali jumlah TPS di Kabupaten Cianjur sebanyak 7278 TPS.

Sementara itu, di Kecamatan Cidaun, Cianjur, diadakan pelantikan secara serentak di lapangan Jayanti (25/1/2025). Lebih dari 1000 orang KPPS dilantik dan diambil sumpah guna menjalankan Pemilu sesuai dengan asas-asas Pemilu.

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut, Parsadaan Harahap (KPU RI), Abdullah Sapi’i (KPU Jawa Barat), Muhammad Tio Aliansyah (DKPP RI), serta ketua dan anggota KPU Kabupaten Cianjur.

Dalam acara pelantikan KPPS tahun ini, KPU RI memberikan arahan kepada KPU Kabupaten/Kota untuk melalukan penanaman pohon secara serentak setelah selesai pelantikan. Jumlah pohon yang ditanam sejumlah KPPS yang dilantik, sehingga total bibit pohon yang ditanam secara serentak diseluruh wilayah Indonesia sebanyak 5.709.898 pohon, yang 50.964 diantaranya ditanam di Kabupaten Cianjur.

Penanaman pohon secara simbolis dilakukan oleh Anggota KPU RI, KPU Provinsi Jawa Barat, serta Anggota DKPP RI di Pantai Cemara, Cianjur, untuk selanjutnya diikuti oleh seluruh peserta pelantikan KPPS.

Hal ini merupakan komitmen KPU untuk melakukan proses keberlanjutan (sustainability) pada proses pemilu, memupuk kesadaran dan kepedulian penyelenggara pemilu terhadap lingkungan. Sehingga muncul dalam beberapa wacana di KPU bahwa pemilu kali ini merupakan Pemilu peduli lingkungan.

Selanjutnya, jika melihat kepada kebutuhan akan kertas yang digunakan untuk berbagai jenis logistik Pemilu 2024 yang mencapai 65.997,51 ton, jumlah ini tentu sangat besar sehingga perlu dilakukan ‘penggantian’ agar lingkungan tetap terjaga.

Jika melihat angka dalam situs KPU RI, diharapkan 1 bibit pohon akan menggantikan 11,6 Kg kertas yang dipakai pada Pemilu 2024 ini, sehingga apabila dikalikan dengan jumlah bibit yang ditanam diharapkan akan 66.234,82 ton kertas, atau sebanding dengan kertas yang digunakan dalam proses demokrasi tahun ini.

Dengan kepedulian KPU ini, Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada KPU untuk tiga kategori: 1). Pelantikan secara serentak anggota penyelenggara Pemilu terbanyak, 2) Bimbingan Teknis secara serentak kepada anggota penyelenggara Pemilu terbanyak, dan 3) Penanaman bibit pohon terbanyak secara serentak oleh penyelenggara Pemilu. (RSDM /adm)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply