» » RISDEM APRESIASI KPU SUKSES SELENGGARAKAN DEBAT CAPRES PERTAMA

RISDEM, Bandung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat pertama calon presiden dengan tema 'Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi' malam tadi (12/12/2023). Debat dihadiri oleh seluruh pasangan calon presiden baik dari nomor urut 1 Anies Baswedan, nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Bertempat di kantor KPU RI, acara berlangsung meriah dengan hadirnya penonton dari masing-masing capres termasuk di dalamnya Cawapres, para ketua umum partai pengusul, tokoh-tokoh penting koalisi, serta timses yang berjumlah 50 orang. Selain dari pada itu, jajaran KPU RI serta Bawaslu RI turut hadir menyaksikan ‘putaran pertama’ ini.

Acara yang berlangsung selama 150 menit ini berjalan dengan lancar, hal ini setidaknya ditandai oleh rapihnya susunan acara dari awal sampai akhir, tidak adanya hambatan yang dapat menyebabkan terganggu/batalnya acara, tidak ada komentar negatif dari peserta debat setelah selesai acara, serta penilaian secara umum dari para audien yang menyaksikan melalui berbagai saluran. Menanggapi hal tersebut, ketua umum RISDEM, Fikri Audah NSY, memberikan padangannya terkait acara penting ini.

“Kami dari RISDEM mengapresiasi kerja KPU dalam mempersiapkan acara debat Capres pertama ini, acara berlangsung lancar dan menarik terutama pada sesi tanya jawab dan tanggapan, serta tak lupa apresiasi bagi para Capres yang telah hadir untuk menyampaikan visi-misi tentang tema yang diangkat serta saling men-‘challenge’ ide-ide dari Capres lain.”

“Saya secara pribadi juga berharap dengan adanya debat ini dapat memberikan gambaran yang jelas bagi masyarakat untuk memilih pemimpin Indonesia 5 tahun kedepan, dan yang tak kalah penting dari debat ini semoga bisa meningkatkan angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 nanti.” Tutup Fikri.

Sebagai informasi, KPU mengadakan 5 kali debat dengan format 3 kali debat Capres, dan 2 kali debat Cawapres. Hal ini merupakan amat dari UU no. 7 tahun 2017 pasal 275 huruf (h) dan pasal 277.

Adapun untuk jadwal debat sudah ditentukan oleh KPU RI sebagai berikut:

Debat pertama: Selasa, 12 Desember 2023

Debat kedua: Jumat, 22 Desember 2023

Debat ketiga: Minggu, 7 Januari 2024

Debat keempat: Minggu, 14 Januari 2024

Debat kelima: Minggu, 4 Februari 2024. (RSDM/adm)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply