» » BEDAH BUKU SEBAGAI PEMANTIK SEMANGAT GERAK RISDEM - BINCANG BINCANG HISTORIOGRAFI UIBI UNTUK MERDEKA GENERASI INTELEKTUAL Z

RISDEM, CIANJUR - Kegiatan Pelantikan Pengurus RISDEM Kabupaten Cianjur (23/12/2023) dibarengi Diskusi dan Bedah Buku Historiografi Umat Islam Bangsa Indonesia (1916-2016) Penulis : Nunu A Hamijaya. Diskusi tersebut di isi langsung dari penulis buku tersebut Nunu A Hamijaya yang merupakan alumni SMAN 1 Cianjur angkatan 1986 dan merupakan tokoh sejarawan public.

Kegiatan ini sebagai upaya RISDEM dalam menetukan arah gerak kedepannya dengan menyambungkan korelasi antara masa lampau sebagai modal utama perjuangan dengan eksistensi RISDEM sendiri dalam menghadapi tantangan zaman.

Diskusi tersebut merujuk pada tema Bincang-Bincang Historiografi UIBI untuk Merdeka Generasi Intelektual Z. Dimana narasumber membahas menganai nilai-nilai historis sejarah guna menyongsong Kemerdekaan Generasi Intelektual Z yang merupakan sinonim dari kaum pemuda.

Dalam Bedah buku dan diskusi kali ini narasumber menyampaikan Historiography dan konversi  Amnesia Sejarah dan Blind History.  Penyebab Amnesia Sejarah merupakan masyarakat pemaaf perilaku pimpinan. Sementara  Penyebab Blind History tidak ada informasi, akses internet di blokir, dan kondisi pakai kacamata kuda. Politik Historiography merupakan perilaku kekuasaan dalam mengendalikan sejarah. Sejarah sendiri merupakan politik masa lalu. Sementara   Politik merupakan sejarah masa kini. Lebih lanjut paparan dari narasumber membahas Penyebab Historiography Pertama, Cacat logika sejarah. Kedua, Cacat sejarah. Ketiga, Mitos Sejarah. Keempat, Penghilangan sejarah.

Nunu A Hamijaya merupakan seorang penulis yang telah banyak menulis buku sejarah diantaranya : Titiknol Kehendak Berpemerintahan Sendiri (Zelfbestuur 1916),2018, Toedjoeh Kata,2019, Tjisajong dan Bangka : Revolusi Islam Bernegara di Indonesia (1916-1962), terbit 2021 dan Negeri 3 Proklamasi, 2022 (Penerbit Pusbangter), dan Historiografi Umat Islam Bangsa Indonesia (1916-2016). (Penerbit Pusbangter).

RISDEM merupakan organisasi yang senantiasa peduli akan nilai sejarah yang senantiasa menjadi gambaran gerak RISDEM kedepannya. (RSDM/adm)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply