RISDEM,
Cianjur - Kurikulum adalah suatu alat penting yang
harus ada dalam suatu lembaga pendidikan, tentunya adanya kurikulum untuk
menjadi suatu pedoman atau patokan visi misi suatu pembelajaran, bisa di bilang
bagusnya suatu pencapaian pendidikan atau sekolah tergantung bagusnya kurikulum
yang ada di lembaga tersebut.
Bukan
hanya di lembaga pendidikan formal, non formal juga harus mempunyai kurikulum
yang creatif, inovatif dan komprehensif. Di dunia pesantren tidak dipungkiri
dengan berkembangnya zaman kini pesantren bukan lagi tempat yang di sebut
tradisional tetapi banyak pondok pesantren yang kini beralih kepada modern atau
di sebut islamic boarding school tidak hanya mempunyai aturan-aturan yang ketat
juga mempunyai kurikulum yang bagus.
Salah
satu pondok pesantren di Cianjur telah menggunakan kurikulum modern mereka
mengadakan ulangan, pembagian raport dan layaknya sekolah formal biasa. Di
pondok tersebut sering mengadakan evaluasi tahunan untuk mengembangkan
kurikulum yang ada, evaluasi ini meliputi melihat hasil mengaji santri, sikap
santri, tambahan pendidik, menilai akhlak keseharian santri dan masih banyak
lagi. Evaluasi ini biasanya dilakukan ketika proses pembelajaran sudah selasai
atau di hari libur setiap 6 bulan sekali. Tujuannya untuk mencapai visi misi pondok
pesantren, dan untuk mengembangkan sistem pendidikan agar mencapai target yang
sesuai harapan.
Hasil
diterapkannya kegiatan tersebut dapat terlihat perbedaan yang sangat baik,
karena mereka bersemangat untuk lebih giat belajar dan memperbaiki tingkah
perilaku agar diakhir penilaian mereka mendapatkan nilai yang memuaskan dan
bisa membuat orang tua bangga terhadap apa yang mereka capai.
*Notes: Opini ditulis oleh: Nuri Handayani, Fakultas Tarbiyyah, Fakultas Tarbiyyah, STAI Al Azhary
Cianjur. Segala bentuk konsekuensi tulisan merupakan tanggungjawab penulis.
No comments: