» » PENGEMBANGAN KURIKULUM DENGAN ADANYA EVALUASI RUTINAN DI PONDOK

RISDEM, Cianjur - Kurikulum adalah suatu alat penting yang harus ada dalam suatu lembaga pendidikan, tentunya adanya kurikulum untuk menjadi suatu pedoman atau patokan visi misi suatu pembelajaran, bisa di bilang bagusnya suatu pencapaian pendidikan atau sekolah tergantung bagusnya kurikulum yang ada di lembaga tersebut.

Bukan hanya di lembaga pendidikan formal, non formal juga harus mempunyai kurikulum yang creatif, inovatif dan komprehensif. Di dunia pesantren tidak dipungkiri dengan berkembangnya zaman kini pesantren bukan lagi tempat yang di sebut tradisional tetapi banyak pondok pesantren yang kini beralih kepada modern atau di sebut islamic boarding school tidak hanya mempunyai aturan-aturan yang ketat juga mempunyai kurikulum yang bagus.

Salah satu pondok pesantren di Cianjur telah menggunakan kurikulum modern mereka mengadakan ulangan, pembagian raport dan layaknya sekolah formal biasa. Di pondok tersebut sering mengadakan evaluasi tahunan untuk mengembangkan kurikulum yang ada, evaluasi ini meliputi melihat hasil mengaji santri, sikap santri, tambahan pendidik, menilai akhlak keseharian santri dan masih banyak lagi. Evaluasi ini biasanya dilakukan ketika proses pembelajaran sudah selasai atau di hari libur setiap 6 bulan sekali. Tujuannya untuk mencapai visi misi pondok pesantren, dan untuk mengembangkan sistem pendidikan agar mencapai target yang sesuai harapan.

Hasil diterapkannya kegiatan tersebut dapat terlihat perbedaan yang sangat baik, karena mereka bersemangat untuk lebih giat belajar dan memperbaiki tingkah perilaku agar diakhir penilaian mereka mendapatkan nilai yang memuaskan dan bisa membuat orang tua bangga terhadap apa yang mereka capai.

*Notes: Opini ditulis oleh: Nuri Handayani, Fakultas Tarbiyyah, Fakultas Tarbiyyah, STAI Al Azhary Cianjur. Segala bentuk konsekuensi tulisan merupakan tanggungjawab penulis. 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply