» » IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM


RISDEM, Cianjur - Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan bagian penting dari pembentukan karakter peserta didik disekolah. Proses pembelajaran ini menghasilkan siswa yang tidak hanya memiliki kemampuan akademik. tetapi juga memiliki sikap, karakter, dan akhlak yang baik.

Memanfaatkan kurikulum merdeka adalah upaya untuk memulihkan Pembelajaran dan mengubah pendidikan di indonesia ke arah yang lebih baik. Dengan menggunakan burikulum merdeka, guru dapat mengenali lebih dalam potensi siswa mereka dan membuat pembelajaran yang relevan.

Penelitian di lapangan menemukan beberapa masalah dengan kurikulum Pendidikan islam. Beberapa diantaranya adalah materi yang padat tetapi tidak memiliki nilai yang signifikan; fokus terutama pada aspek kognitif, kurang memperhatikan perkembangan siswa, dan menggunakan Pendekatan normatif lebih banyak dari pada metode lainnya.

Tujuan kurikulum Pendidikan istam adalah untuk menanamkan kepercayaan dalam pikiran dan hati anak-anak. Pemulihan akhlak, dan Pembangunan jiwa rohani, kurikulum ini juga bertujuan untuk memberikan siswa pengetahuan yang berkelanjutan, gabungan pengetahuan dan kerja, keyakinan dan akhlak, dan penerapan teori dalam kehidupan mereka.

Sebagar Sebagian dari masyarakat, guru harus bertindak sebagai Pemimpin atau panutan bagi orang lain. Guru bertanggung jawab untuk Merencanakan, melaksanakan, menilai dan menyempurnakan kurikulum pendidikan Islam.

*Notes: Opini ditulis oleh: Annisa Damayanti, Fakultas Tarbiyyah, Fakultas Tarbiyyah, STAI Al Azhary Cianjur. Segala bentuk konsekuensi tulisan merupakan tanggungjawab penulis.

 


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply