» » FUNGSI KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN

RISDEM, Cianjur - Kurikulum memegang peranan penting dalam dunia Pendidikan. Sebagai pedoman tujuan tujuan Pendidikan agar kedepannya lebih baik dan maksimal. Dalam mengimplementasikan kurikulum yang dikembangkan disekolah untuk beradaptasi dengan kondisi, dan kebutuhan lingkungan karena saling berkaitan satu sama lain didalamnya dan menjadi acuan bagi semua pihak yang berperan di dalamnya menerapkan kurikulum yang berlaku. Proses kurikulum meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, dalam pembangunan. Kurikulum yang baik tentu memerlukan kajian dan pemikiran yang mendalam. Evaluasi menjadi proses akhir suatu kurikulum dijadikan titik tolak mengukur pencapaian kurikulum. Untuk mencapai semua ini maka diperlukan tujuan yang tepat. Tujuan yang tepat akan menentukan keberhasilan dalam proses pembentuk pribadi manusia. Tujuan penulisan artikel ini untuk menganalisis fungsi kurikulum dalam Pendidikan.

Kurikulum merupakan seperangkat atau suatu sistem rencana atau pengaturan mengenai bahan pembelajaran yang dapat dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. Dengan adanya kurikulum kita akan mengetahui kemana tujuan sebuah pendidikan dijalankan. Fungsi kurikulum secara luas adalah untuk mencapai pendidikan. Tujuan Pendidikan meliputi:

1.      Tujuan nasional (Pendidikan nasional)

2.      Tujuan Kelembagaan (Institusi atau Lembaga)

3.      Tujuan Kurikuler (Bidang Studi)

4.      Tujuan Instruksional (Deskripsi Bidang Studi)

Tujuan kurikulum dapat di bedakan menjadi beberapa pengelompokan berdasarkan pihak-pihak yang terkait kurikulum.

Bagi peserta didik, fungsi kurikulum adalah sebagai alat untuk mengukur kemampauan diri dan konsumsi Pendidikan. Hal ini juga berkaitan dengan pencapaian target yang memudahkan siswa dalam memahami dalam berbagai materi atau melaksanakan proses pembelajaran setiap harinya dengan mudah. Selain itu juga siswa diharapkan memperoleh pengalaman-pengalaman baru yang kedepanya dapat dikembangkan sesuai perkembanaganya, dan dapat menjadi bekal dimasa depan.

Sedangkan bagi para pendidik atau guru, fungsi kurikulum akan menjadi sangat berguna dalam metode pembelajaran nantinya. Pendidik akan merasa sangat terbantu dengan adanya kurikulum, karena mereka akan mengajar  dengan mengikuti struktur yang telah dibuat dalam penyampaian materi dan evaluasi yang akan dilakukan nantinya.Funsi kurikulum disini bisa disebut sebagai pedoman kerja bagi para pendidik.

Selain itu, fungsi kurikulum bagi orang tua adalah sebagai gambaran bagai mana anakanya belajar dan apa saja yang di dapatkan anaknay selama di sekolah. Jadi, orang tua dapat mengevaluasi anak maupun sekolah dalam penerapan kurikulum pembelajaran.

*Notes: Opini ditulis oleh: Siti Maskupah, Fakultas Tarbiyyah, Fakultas Tarbiyyah, STAI Al Azhary Cianjur. Segala bentuk konsekuensi tulisan merupakan tanggungjawab penulis.


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply