» » MEGA PROYEK JANGKA PANJANG NEGARA

RISDEM, Bandung – Contoh Program Pembangunan Ekonomi di Indonesia berbasis pengembangan wilayah, khususnya transformasi infrastruktur adalah prioritisasi program/proyek infrastruktur yakni melalui Proyek Strategis Nasional (PSN).

Pembangunan ekonomi di Indonesia dapat diartikan sebagai suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan per kapita dengan memperhitungkan adanya pertumbuhan penduduk dan disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara.

Pembangunan ekonomi di Indonesia didukung dengan penggunaan teknologi, penanaman modal, peningkatan keterampilan, penambahan pengetahuan, serta kemampuan organisasi. Terdapat beberapa elemen penting dalam pembangunan ekonomi di Indonesia, yaitu pertumbuhan ekonomi, pemerataan pendapatan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengembangan infrastruktur, dan pengembangan sektor ekonomi.

Contoh Program Pembangunan Ekonomi di Indonesia

Berikut adalah beberapa contoh program pembangunan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia:

1. Proyek Strategis Nasional (PSN)

Pemerintah Indonesia mendorong pengembangan PSN prioritas di berbagai wilayah untuk memeratakan pembangunan ekonomi di Indonesia. Saat ini, pemerintah tengah berusaha menyelesaikan 200 Proyek Strategis Nasional dan 12 Program Strategis Nasional.

2. Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN)

RPJPN adalah rencana yang paling penting secara hirarkis dan mencakup periode 2005 hingga 2025. RPJPN bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan perencanaan dalam pembangunan ekonomi di Indonesia.

3. Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)

MP3EI adalah rencana strategis untuk mempercepat dan memperluas pembangunan ekonomi di Indonesia. MP3EI bertujuan untuk meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.

4. Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)

Program ini diluncurkan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2020 untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian nasional. Program ini meliputi kebijakan fiskal dan moneter yang komprehensif serta alokasi dana APBN.

5. Program Ekonomi Kerakyatan

Program ini bertujuan untuk mengembangkan masyarakat pedesaan dengan mensinergikan berbagai program yang bertujuan mengembangkan masyarakat pedesaan. Program ini melibatkan berbagai kementerian seperti Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Keuangan, Menteri BUMN, Menteri Komunikasi dan Informatika serta Bank Indonesia.

Pemerintah Indonesia juga memiliki berbagai program lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan pembangunan ekonomi di Indonesia, seperti program pengembangan sektor industri dan pertanian, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan pengembangan infrastruktur.

*Opini ditulis oleh Edwin Nursalam, sebagai resensi dari materi yang disampaikan oleh Redma Gita Wirawasta dalam forum LK III Badko HMI Jabar 2023. 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply