» » PERINGATI HARI MANGROVE SEDUNIA, DEDIKASI KITA TANAM 4000 POHON

(Foto: Istimewa)

RISDEM, Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia, DedikasiKita memberikan kontribusi nyata dalam mengatasi isu pemanasan global (29/7/2023). Tidak kurang dari 4.000 pohon mangrove telah berhasil ditanam di sepanjang garis pantai pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Pelaksanaan kegiatan penanaman ini didasari oleh kesadaran tentang berbagai manfaat penting pohon mangrove, termasuk peran vitalnya sebagai pelindung pantai yang efisien dari proses abrasi, pemecah gelombang, bahkan potensi penangkal tsunami. Tidak hanya itu, ekosistem mangrove juga menyediakan sumber makanan bagi banyak makhluk hidup di wilayah pesisir dan berperan sebagai penyerap serta penyimpan karbon yang berdampak positif pada ekosistem pesisir, mengurangi dampak pemanasan global.

Tidak hanya itu, sifatnya yang dapat dimanfaatkan secara ekonomis oleh masyarakat sekitar juga menjadi nilai lebih, seperti pemanfaatan buah mangrove dalam berbagai produk olahan seperti keripik, perawatan kulit (skincare), dan minyak.

Agenda yang diinisiasi oleh komunitas Dedikasikita ini melibatkan banyak pihak dalam penyelenggaraanya mulai dari komunitas lokal, universitas, serta pihak swasta. Hal ini dilakukan demi menjangkau keberhasilan yang lebih luas, dan menanamkan pesan bahwa tugas menjaga lingkungan merupakan tugas bersama.

“Penanaman mangrove ini bertujuan untuk mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, mencegah intrusi air, memperbaiki lingkungan pesisir, dan menciptakan kondisi habitat yang optimal di wilayah pantai.” Jelas Achmad Fathullah, Founder DedikasiKita.

Peringatan Hari Mangrove Sedunia juga dijadikan momentum penting dalam melindungi pesisir dari potensi perubahan iklim di masa mendatang, seperti kenaikan permukaan laut atau gelombang besar. Dalam konteks ini, upaya penanaman mangrove menjadi bentuk nyata dalam proteksi alam yang menjadi kebutuhan mendesak, sesuai dengan pandangan Direktur Eksekutif DedikasiKita. (RSDM / adm)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply