» » PERKUAT SDM, RISDEM CIANJUR HADIRI SEMINAR EKOLOGI POLITIK DI IPB UNIVERSITY

(Foto: Dokumentasi RISDEM)

RISDEM, Cianjur - Dalam rangka terus mendukung pengembangan dan perlindungan lingkungan hidup di Cianjur, RISDEM Kabupaten Cianjur menghadiri acara Seminar Ekologi Politik Sumber Daya Alam dan Lingkungan (19/6/2023) di IPB University, Bogor.

Acara ini merupakan presentasi mahasiswa pascasarjana IPB University dari Program Studi S2 Sosiologi Pedesaan dan Program Studi Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Kegiatan ini melibatkan beragam pembahasan dari berbagai aspek ekologi politik dengan studi kasus pada beberapa permasalahan aktual yang ada di Indonesia, semisal PLTU Batang, alih lahan di Morowali Utara, konservasi laut, hingga tinjauan ekologi politik industri pulp di Kalimantan Utara.

Mengirimkan 5 (lima) utusan, RISDEM Cianjur berharap ini menjadi langkah penting guna peningkatan kualitas SDM terutama dalam bidang kajian ekologi politik, karena kajian ini memiliki kepentingan yang unik dan seringkali saling bertentangan, yang menunjukkan kompleksitas dan tantangan sebenarnya dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan.

Berbicara tentang Ekologi Politik, ini adalah disiplin ilmu yang berfokus pada hubungan antara manusia dan lingkungan yang dilihat melalui kacamata politik, ekonomi, dan sosial. Memahami dan menafsirkan hubungan ini memerlukan pemahaman teoretis yang kuat serta pengetahuan mendalam tentang praktek-praktek dan proses politik yang terlibat.

Mengutip pendapat Robbins, Peet, dan Watts dalam "Global Political Ecology", mereka menekankan bahwa sumber daya alam dan lingkungan sering kali menjadi titik sumber konflik dan pertarungan kekuasaan. Mereka memandang bahwa perlindungan dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan tidak hanya membutuhkan pemahaman teknis dan ilmiah, tetapi juga memerlukan pemahaman politik dan sosial yang mendalam.

Melalui partisipasi dalam seminar ini, RISDEM Cianjur berharap dapat membawa pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana teori dan prinsip ekologi politik dapat membantu dalam menghadapi tantangan lingkungan dan sosial di Cianjur. RISDEM percaya bahwa dengan pemahaman ini, kita dapat merumuskan dan menerapkan strategi yang lebih efektif dan berkelanjutan untuk pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan di Kabupaten Cianjur. (RSDM / adm)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply