» » RISDEM DUKUNG PERAN INSPEKTORAT JABAR DALAM MENJAGA KEUANGAN DAERAH DAN TINGKATKAN PELAYANAN MASYARAKAT

(Foto: Dokumentasi RISDEM)

RISDEM, BANDUNG- Kembali melaksanakan kerja organisasi, RISDEM berdiskusi bersama Inspektorat Provinsi Jawa Barat terkait peran dan fungsi lembaga dalam mendukung pemerintahan Provinsi Jawa Barat (5/1). Hadir sebagai narasumber, Dr. Eni Rohyani, SH., M.Hum. Inspektur Jawa Barat. Tema yang diusung adalah tentang peran Inspektorat Jawa Barat dalam mendukung Visi Misi Gubernur Jabar Juara Lahir Batin.

Direktur RISDEM, Fikri Audah NSY, menjelaskan bahwa Jawa Barat memiliki banyak lembaga diluar Dinas. Salahsatu yang memiliki peran penting adalah Inspektorat Daerah, Fikri meyampaikan bahwa sebagai lembaga, perlu kiranya menyampaikan hasil kerja kepada masyarakat, dari kajian kami, lembaga Inspektorat perlu lebih memunculkan keberadaannya serta meningkatkan peran dan fungsinya kepada masyarakat terutama dalam menerima laporan dari masyarakat terkait pelayanan yang ada di lingkungan pemprov Jawa Barat.

Inspektur Jawa Barat, Eni Rohyani, mengatakan bahwa Inspektorat bekerja dalam diam karena banyak kasus yang ditangani adalah maladministrasi, kelebihan pembayaran terkait anggaran, investigasi laporan, sampai kepada pembinaan. Hal ini menurut Eni memang bukan hal yang bisa dipublikasikan secara luas jika belum mencapai keputusan final hasil pemeriksaan.

Meskipun demikian, Inspektur Jabar ini melanjutkan, bahwa meskipun kami bekerja dalam diam tanpa pemberitaan, namun salahsatu kontribusi kami bagi pemerintahan Jawa Barat adalah didapatkannya predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebelas kali berturut-turut yang dikeluarkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Selain itu, Eni menambahkan bahwa banyak kasus pungli terutama di lingkungan sekolah yang berhasil diselesaikan.

Selanjutnya, point penting dari hasil diskusi ialah bahwa, Inspektorat Jabar senantiasa bekerja sama dengan lembaga lain untuk menjaga pos keuangan sehingga tidak terjadi korupsi, diantaranya dengan Kepolisian, Kejaksaan, serta BPK.

Sebagai penutup, Eni Rohyani menyampaikan pesan bagi para generasi muda yang memiliki idealisme dan semangat perubahan untuk bergabung dalam pemerintahan dan melakukan perubahan dari dalam, hal ini ia rasa sangat penting guna membawa angin segar perubahan yang berasal dari internal organisasi. (admin / RSDM).

 


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply