» » DAKWAH ALA SI ANAK SINGKONG

(Foto: Istimewa)

RISDEM, Bandung- Chairul Tanjung alias “Sianak Singkong” adalah pria asli Indonesia yang begitu sukses dalam dunia usaha bisnis. Segudang prestasi dan penghargaan sudah diraih oleh Chairul Tanjung. Ditengah kebangkrutan dan anomaly pengusaha ritel di Indonesia bahkan di dunia internasional. Chairul tanjung dengan keberanian bisnisnya malah membuka transmart baru di berbagai daerah di Indonesia.  Titel “Pengusaha Sukses” melekat erat pada sosok pria kelahiran Jakarta, 16 Juni 1962 ini.

Sebagai muslim yang taat sosok CT meneladani betul apa yang sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Yaitu dengan menjadikan visi pembangunan dan kemerdekaan ekonomi adalah langkah awal dalam perjuangan. Ya.. sebagaimana kita ketahui Nabi Muhammad adalah sosok mandiri dan entrepreneur hebat yang dimana dalam usia 12 tahun sudah berdagang lintas negara. Sehingga dalam usia dewasa nabi Muhammad memiliki bekal yang cukup untuk memperjuangkan agama dan bangsanya. Sejak masa menjadi mahasiswa sosok CT sudah diknela sebagai orang mandiri dan pekerja keras.

Namun tahukah anda? Jika kita tinjau dari aspek keislaman sosok Chairul Tanjung memiliki Strategi Dakwah yang unik dan cocok untuk era milenial. Perusahaan yang CT miliki sering juga menjadi tempat dakwah dan aktivitas pengajian muslim generasi milenial dan kaum urban. Sebut saja aktivitas kajian keislaman di Mesjid Trans Studio Bandung. CT faham betul bahwa dalam berdakwah untuk generasi milenial dibutuhkan tempat yang instagramable dan lingkungan yang terintegrasi dengan aktivitas lain. Hal itu terbukti sejak CT membangun masjid yang megah dikawasan Trans Studio Bandung. Mesjid ini tidak pernah sepi dari aktivitas pengajian yang didominasi oleh generasi milenial dan muslim perkotaan.

Bahkan pada Tahun 2015 Chairul Tanjung (CT) meraih Majelis Ulama Indonesia (MUI) Award 2015 karena dinilai sebagai pengusaha muslim yang berkontribusi dalam syiar Islam di Indonesia. Ribuan orang menyaksikan langsung acara tersebut di Masjid Agung Kawasan Terpadu Trans Studio Bandung atau Masjid Besar Trans Studio Mal, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Senin (20/4/2015) malam. MUI Kota Bandung melihat CT sebagai figur teladan yang sudah membuktikan peran dan jasa dalam dakwah Islam yang salah satunya dengan membangun masjid megah untuk umat.

CT menyebut sengaja mendirikan masjid tersebut di area tempat belanja dan wahana hiburan keluarga. sianak singkong ini memiliki berprinsif  ingin mendekatkan tempat ibadah dan pusat belanja sehingga umat islam tetap meneladani rasululoh yang menjadi imam Agama dan pengusaha yang sukses. Sosok CT mengajarkan bahwa untuk menjadi pengusaha yang sukses kita harus tetap memiliki komitmen keagamaan yang tinggi sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Bahkan sosok ulama kharimatik Jawa Barat KH. Miftah Farid berpendapat bahwa Chairul Tanjung adalah bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat Islam di Indonesia. Chairul pengusaha muslim sukses yang telah membangun masjid besar yang menjadi tempat syiar islam. Pendapat KH. Miftah Farid ini disampaikan  dalam acara penganugerahan MUI Award  (Bandung, 20/4/2015).

Sebagai bukti komitmen keislaman dan dakwah yang tinggi. Beliau aktif menjadi pengurus Dewan Mesjid Indonesia (DMI). Pada Priode 2010-2015 sosok Chairul Tanjung dipercaya untuk menjadi wakil ketua Dewan Penasehat Majelis Ulama Indonesia.

Strategi dakwah yang dilakukan oleh Chairul Tanjung selain menyentuh generasi milenial. CT juga fokus pada pengembangan ekonomi umat islam dan masyarakat Indonesia. CT tentunya sadar betul akan hadis nabi “Kaadal faqru an yakuuna kufran” kefakiran dekat dengan kemismkinan.

Dalam komitmen dan strategi dakwah yang dilakukan oleh sianak singkong ini berpegang pada prinsip “lisanul hal afshahu min lisanil maqol” memberikan contoh dengan perbuatan dalam berdakwah itu lebih utama dibandingkan dakwah hanya dengan ucapan. Sosok CT mencontohkan kepada umat islam bahwa untuk kesuksesan dalam berdakwah kita harus merdeka dalam sektor ekonomi sebagaimana dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW. (RSDM / Adm)

Opini dikirim oleh: Nuran Fiqolbi (Ketua DPP Sobat Jokowi-CT)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply