» » JANGAN AMBIL JURUSAN KUPU-KUPU

(Foto: Istimewa)

RISDEM, Cianjur - Rasanya kita sebagai mahasiswa tidak sempurna jika tidak ikut atau bergelut di dunia organisasi. Karena hanya dengan berorganisasi kedewasaan dan kesadaran berfikir bisa terbangun. Telah banyak tokoh pemimpin negeri lahir dari rahim-rahim organisasi kemahasiswaan, sebut saja Bapak Jusuf Kalla (Wakil Presiden RI), bapak Hari Azwar Aziz (Ketua BPK), Bapak Mahfud MD (mantan ketua Mahkamah Konstitusi) dan sederet tokoh-tokoh besar lainnya.

Aktifitas perkuliahan tanpa kegiatan ekstra tidaklah sempurna. Bahkan dalam dunia mahasiswa kampus muncul anekdot bahwa mahasiswa yang tidak memiliki aktifitas di organisasi eksternal hanya seperti kupu - kupu (KULIAH PULANG – KULIAH PULANG ).

Kebutuhan pengembangan diri seseorang tidak akan cukup hanya dengan mengandalkan sistem pendidikan intra yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Berorganisasi juga penting untuk mencari ilmu atau pun mengasah potensi manusia sebagai zoon politicon (makhluk sosial) yang dalam bahasa agama Islam disebut hablumminannas sebagai satu kesatuan dengan hablumminallah.

HMI sebagai organisasi sosial-kemahasiswaan yang membawa misi suci yang bersifat kebangsaan dan keagamaan. Sehingga ber-HMI merupakan bagian implementasi komitmen sosial

menjelaskan kemanfaatan ber-HMI dimana mahasiswa dapat meningkatkan potensi diri dengan ber-HMI baik secara IQ (Intelligence Quetient), dan terutama EQ (Emotional Quetient) serta SQ (Spiritual Quetient).

Di HMI kita berteman lebih dari saudara, dan HMI adalah wadah yang tepat bagi kalangan mahasiswa/i karena HMI punya kajian rutinitas untuk membangun pemikiran kader yang intelektual

Di dalam organisasi kita akan menemukan banyak jenis orang. Mereka yang pandai beretorika serta beragumentasi, mereka yang jago menyusun rencana dan strategi, mereka yang pintar dalam mengatur kelompok, mereka yang paham dalam menjalankan tugas dan wewenang sebagai pemimpin, dan mereka yang tau bagaimana cara kita mengatur setrategi dalam pergerakan. ketika kita berinteraksi dengan orang-orang baik maka kebaikan akan menjadi nilai yang meresap kedalam diri kita secara otomatis. Hanya dengan bergaul dengan orang pintar lah kita akan menjadi pintar.

Dan ketika bergabung dengan organisasi akan mengajarkan kita dengan berbagai banyak hal. Mulai dari tata tertib administrasi, cara berkomunikasi dan berkoordinasi dalam tim, belajar menyampaikan pendapat dengan argumentasi yang kuat, dan relasi ini dapat menolong kita nantinya di jenjang dunia pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.

Dan hal ini saya rasa penting untuk dijalankan oleh mahasiswa/i yang bisa kita dapatkan didalam keberhimpunan, yaitu salah satunya Himpunan Mahasiswa Islam. (RSDM / adm)

Opini dikirimkan oleh : Sunandar (Kader HMI Komisariat STAI Al-Azhary Cianjur)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply